Surat terbuka untuk KITA


Assalamualaikum Wr. Wb.

selamat menjalankan ibadah puasa teman-teman 🙂

Oya, menjelang kampanye pilpres beberapa waktu yang lalu, di media banyak beredar tulisan yang berjudul Surat Terbuka untuk para pasangan capres dan cawapres. Awak media yang “berkepentingan” turut serta dengan gencar mempublish tulisan-tulisan surat terbuka tersebut.

Sebelumnya, media juga sempat dihebohkan dengan kabar tentang Ibu Risma (walikota surabaya) yang membeberkan tragedi-tragedi menyedihkan yang terjadi di kawasan lokalisasi dolly.

Ketika berita tentang penutupan lokalisasi dolly yang dilakukan ibu risma itu menghebohkan media, ada saudara semuslim saya yang update status yang intinya mengatakan bahwa sebenarnya beliau tidak setuju dengan yang namanya penutupan lokalisasi. Karena jika lokalisasi ditutup, maka praktek prostitusi malah akan menyebar. “Tapi khusus untuk kasus dolly ini saya setuju ditutup karena menimbulkan begitu banyak efek negatif” kata beliau berikutnya yang seolah-olah yakin bahwa efek negatif yang terjadi di lokalisasi dolly itu tidak terjadi di lokalisasi yang lain.

Tapi kalau saya pribadi, meyakini bahwa apa yang terjadi di kawasan lokalisasi dolly itu kurang lebih pasti sama terjadi juga di kawasan lokalisasi yang lainnya. Hanya saja bedanya, di kawasan lokalisasi yang lain belum terekspose media dan belum sebesar dolly.

dan hendaklah kamu memutuskan perkara di antara mereka menurut apa yang diturunkan Allah, dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka. Dan berhati-hatilah kamu terhadap mereka, supaya mereka tidak memalingkan kamu dari sebahagian apa yang telah diturunkan Allah kepadamu. Jika mereka berpaling (dari hukum yang telah diturunkan Allah), maka ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah menghendaki akan menimpakan mushibah kepada mereka disebabkan sebahagian dosa-dosa mereka. Dan sesungguhnya kebanyakan manusia adalah orang-orang yang fasik. al maidah ayat 49.

Terkait perkara ini, lalu apa yang telah Allah turunkan untuk kita?

Pada kesempatan ini, ijinkan saya untuk bersama-sama mengingat kembali Surat Terbuka dari Allah untuk KITA yang tertuang dalam Q.S. An Nur ayat 1 dan 2 berikut ini:
zina

Wah, ternyata kewajiban orang-orang beriman itu tidak hanya berpuasa aja ya?

Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Quran) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya. An Nisa : 59

Daripada sibuk debat tentang hilal dan hisab, yuk kita ajak Ulil Amri kita untuk membahas tentang realisasi ayat yang pasti-pasti ini aja 😉

Apakah kamu tidak memperhatikan orang-orang yang mengaku dirinya telah beriman kepada apa yang diturunkan kepadamu dan kepada apa yang diturunkan sebelum kamu? Mereka hendak berhakim kepada thaghut, padahal mereka telah diperintah mengingkari thaghut itu. Dan syaitan bermaksud menyesatkan mereka (dengan) penyesatan yang sejauh-jauhnya. An-Nisa : 60

Umat islam ini ibarat ada dalam kapal, ada yang berada di lantai dasar, ada juga yang di lantai atas. ketika orang yang di lantai dasar ingin mengambil air, maka ia harus naik ke atas lalu mengambil air dengan timba. Suatu ketika orang yang tinggal di lantai dasar kapal memiliki pemikiran, daripada harus naik ke atas hanya untuk mengambil air, lebih baik melubangi kapalnya untuk mendapatkan air. itulah perumpamaan orang yang enggan memakai hukum Allah. Maka, jika ingin selamat, di dalam kapal itu harus ada orang yang mencegah dan menasehatinya agar tidak melubangi kapal.

Siapakah itu?

Apakah itu Anda? 😀

Semoga, fenomena di kawasan lokalisasi yang telah diungkapkan ibu risma di media beberapa waktu yang lalu, dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita bahwa sungguh begitu besar hikmah dan manfaat yang dapat kita ambil dibalik hukum-hukum Allah. Sungguh ketetapan Allah adalah ketetapan yang paling sempurna. Maka, alangkah baiknya jika ketetapan MPR, ketetapan Presiden, dan ketetapan-ketetapan yang lainnya didasarkan pada ketetapan Allah SWT. Semoga hal ini terjadi. aamiin.

Bagi anda yang merasa “berkepentingan” untuk menyebarkan Surat Terbuka Dari Allah ini untuk KITA orang-orang yang beriman ini, mari share tulisan ini melalui sosial media yang anda miliki. Semoga dapat menambah amalan ibadah di bulan romadhon ini.

Wallahu a’lam

#IndonesiaHebat

#KoalisiMerahPutuh

#UlilAmri

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s