Petani Strawberry Kabupaten Bandung Berbagi Ilmu ke Korea Selatan


Sejumlah petani strawberry asal Kabupaten Bandung, Jawa Barat mendapat undangan dari Pemerintah Kabupaten Go Seong Korea Selatan untuk berbagi ilmu dan pengalaman bercocok tanam strawberry kepada para petani dari negeri ginseng tersebut. Menurut mereka (Pemerintah Kabupaten Go Seong), Kabupaten Bandung memiliki iklim yang sangat cocok untuk pengembangan tanaman strawberry.

Petani Strawberry Kabupaten Bandung Berbagi Ilmu ke Korea Selatan

Undangan tersebut disampaikan langsung oleh Pemerintah Kabupaten Go Seong pada saat kunjungan mereka bersama sejumlah pejabat Pemerintah Kabupaten Bandung ke beberapa areal pertanian strawberry di kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Senin (7/5). Rombongan tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Go Seong Mr. Hwang Jong Guk dan ketua DPRD Go Seong Mr. Mun Myung Ho didampingi oleh Wakil Bupati Kabupaten Bandung H. Deden Rukman Rumaji, S.Sos serta beberapa kepala SKPD Kabupaten Bandung.

Selain ke areal pertanian strawberry, rombongan asal Korea Selatan tersebut berkunjung ke lokasi wisata Kawah Putih di Kecamatan Rancabali. Di lokasi tersebut mereka sempat menikmati minuman bandrek produksi warga Rancabali. Sementara di Kecamatan Ciwidey, Mr. Hwang Jong Guk dan anggota rombongan lainnya disuguhi minuman kopi luwak, atau kopi careuh.

” Panorama alam yang ada di Kabupaten Bandung sangat menjanjikan, udaranya cukup nyaman, orangnya ramah – ramah, jenis makanan dan minumannya sangat khas..”, ucap Hwang Jok Guk. Ia menilai, Kabupaten Bandung memiliki peluang untuk maju dan mampu memberikan kontribusi bagi kemajuan Indonesia. Hal itu terlihat dari minat masyarakat untuk berusaha di sektor ekonomi demikian tinggi. Khususnya saya lihat kekompakan para petani disini sangat bagus dan kegigihannya untuk menghasilkan produk pertanian saya nilai sangat baik. ” Ini merupakan modal bagi daerah untuk terus maju dikemudian hari..”, tambahnya pula.

Selain berkunjung ke beberapa obyek wisata yang ada di Kabupaten Bandung, rombongan dari Go Seong tersebut akan melakukan pula penandatanganan letter of Intens (LOI) dengan Pemerintah Kabupaten Bandung. Penandatanganan LOI dilakukan di Bale Winaya-Soreang, Selasa (8/5), antara Bupati Go Seong Hwang Jong Guk, dengan Bupati Bandung H. Dadang Mochamad Naser, SH, S.Ip.

Kepala Bappeda Kab. Bandung Ir. Ernawan Mustika, M.Si menyebutkan penandatanganan LOI menyangkut aspek pendidikan, pertanian, lingkungan hidup. ” Sifatnya baru penjajakan, belum menginjak kepada MOU atau kerjasama..”,tambah Ernawan.

Sumber berita dan foto.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s